Popular Post

Posted by : sigit xp Selasa, 13 Desember 2011

Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti workshop yang menjelaskan tentang menggunakan teknologi voip berikut ini fungsi dari aplikasi ini

VoIP


Dalam bahasa yang sangat sederhana, VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah teknologi yang digunakan untuk komunikasi suara (telepon) dengan menggunakan media internet. Sistem kerja VoIP adalah merubah sinyal suara (analog) atau percakapan menjadi data digital dan mengirimkannya melalui media internet berupa paket-paket data digital secara real-time.
Konsep dasar dalam bertelepon menggunakan VoIP adalah komputer/laptop yang sudah dilengkapi dengan sound card (komputer/laptop masa kini biasanya sudah dilengkapi media tersebut) dan  terhubung dengan internet. Dengan ditambahkan software khusus, antar komputer sudah dapat melakukan panggilan suara dengan teknologi VoIP satu sama lainnya.
Perkembangan bertelepon menggunakan teknologi VoIP telah mengalami perubahan terutama dari sisi perangkat penunjang yang digunakan. Bentuk peralatan yang digunakan telah berkembang dan tidak hanya berbentuk komputer yang saling berhubungan saja. Untuk saat ini peralatan yang menunjang VoIP tersebut yaitu IP Phone. IP Phone adalah sebuah perangkat telepon yang dapat dikoneksikan dengan internet dan tanpa menggunakan lagi PC untuk koneksinya.
Banyak keuntungan yang dapat dirasakan dengan menggunakan VoIP terutama dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon biasa atau tarif telepon selular. Manfaat yang sangat dirasakan adalah pada saat kedua lokasi terhubung dengan jarak yang cukup jauh (antar kota, antar pulau ataupun di mancanegara), kedua belah pihak hanya cukup membayar biaya akses internet saja, yang biasanya pasti lebih murah dibandingkan dengan biaya sambungan jarak jauh (SLJJ) ataupun sambungan  internasinal (SLI). Karena media yang digunakan adalah jaringan internet maka selama kita tersambung dengan internet maka kita dapat dengan mudah berkomunikasi tanpa harus khawatir terbebani biaya komunikasi yang kita lakukan.
Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Teknologi ini mengubah data suara menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Sejak Juni 2006 jaringan serat optic (FO) di IPB Kampus Darmaga yang selama ini digunakan untuk komunikasi data (intranet/internet) dengan menggunakan computer (IPBnet), sudah dapat juga digunakan untuk komunikasi suara (percakapan) menggunakan pesawat telepon dengan memanfaatkan teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol).

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang sedemikian cepat telah membuka peluang besar bagi perkembangan bisnis perusahaan penyedia jasa solusi jaringan data (data networking solutions), layanan telepon berbasis internet protocol (IP telephony), serta layanan lainnya di internet. Data statistik yang dimilikinya juga menyebutkan para users tersebut menggunakan internet sebagian besar untuk mengirim surat elektronik (email) yakni sebanyak 91 persen, untuk referensi berita (76 persen), serta untuk chatting (52 persen), layanan voice over IP/ telephony (10 persen).

Selain itu, karena teknologi VoIP dianggap sebagai teknologi baru, akan menjadi terlalu mahal bagi kegiatan UKM untuk memiliki orang-orang yang hanya mengurus masalah teknologi komunikasi informasi. Padahal, kehadiran teknologi VoIP sebenarnya memberikan peluang untuk menekan biaya percakapan telekomunikasi, terutama untuk sambungan langsung jarak jauh dan internasional. Bagi mereka yang ingin mencoba atau pun yang sudah mencoba, untuk ujicoba pertama kali, teknik membangun mengunakan sambungan PC ke PC, dengan investasi headset seharga Rp35.000, dan sambungan internet sudah mencukupi untuk mencek apakah teknik yang kita terapkan cukup memadai.

Inilah cara termudah untuk melakukan telepon PC ke PC dengan cara mendownload software SKYPE (www.skype. com) install, registrasi dan panggilah teman anda yang ada di Amerika tanpa menggunakan pulsa telepon alias gratis. Jika anda ingin menelefon ke HP Vodafone teman anda di London, anda tinggal membeli ‘pulsa’ yang sangat murah yaitu seharga Rp300 per menit, dari penyelenggara, dalam hal ini skype. Menelepon ke telepon rumah di Amerika Rp250 per menit, begitu juga ke telepon rumah di Australia. Dengan memakai handphone Nokia E series kita juga dapat melakukan VOIP call, selama tersedia jaringan internet via WIFI atau pun GPRS/3G dari operator selular. Pulsa yang dipakai bukan pulsa selular tetapi memakai jaringan internet. Sudah tentu sangat hemat, apalagi untuk berbicara dengan seseorang yang berada di London. Masalah kualitas dari suara yang kita dengar tergantung daripada kualitas internet yang kita pergunakan, semakin tinggi kecepatan akses internet yang kita miliki semakin jernih kualitas suara yang kita terima.

Bagi anda yang ingin lebih bereksperimen; sekarang tersedia banyak sekali aplikasi perangkat lunak dan keras untuk keperluan telepony VoIP. Aplikasi perangkat lunak berupa softphone (bisa dilihat di www.voiprakyat.or.id) tersedia secara gratis, dan bisa segera digunakan untuk terkoneksi dengan produk-produk VoIP yang disediakan pihak ketiga. Aplikasi softphone paling populer sekarang adalah X-Lite 3.0 yang mudah digunakan. Salah satu kelebihan yang dimiliki X-Lite ini adalah memungkinkan untuk melakukan teleponi video kalau sama-sama menggunakan videocam di komputer. Ada tiga langkah yang diperlukan untuk menggunakan softphone, menetapkan proxy server SIP (untuk VoIP Rakyat tinggal memasukkan voiprakyat.or.id, memasukkan userid yang digunakan dan memasukkan kata sandi password yang diperoleh setelah pendaftaran ke penyedia akses teleponi VoIP.

Kelemahan softphone adalah penggunaannya harus melalui komputer. Penggunaannya menjadi tidak nyaman seperti penggunaan telepon analog yang selama bertahun-tahun kita gunakan untuk bertelekomunikasi. Keuntungannya, kalau softphone digunakan pada notebook dan kita berada di luar kantor tapi terkoneksi melalui hotspot, kita akan mudah untuk melakukan panggilan ke mana saja termasuk menerima panggilan telepon masuk.
Perbandingan dengan jaringan suara konvensional
Pada jaringan suara konvesional pesawat telepon langsung terhubung dengan PABX (Privat Automated Branch exchange) atau jika milik TELKOM terhubung langsung dengan STO (Sentral telepon Otomat) terdekat. Dalam STO ini ada daftar nomor-nomor telepon yang disusun secara bertingkat sesuai dengan daerah cakupannya. Jika dari pesawat telepon tersebut mau menghubungi rekan yang lain maka tuts pesawat telepon yang ditekan akan menginformasikan lokasi yang dituju melalui nada-nada DTMF, kemudian jaringan akan secara otomatis menghubungkan kedua titik tersebut.
Khusus untuk VoIP bentuk primitif dari jaringan adalah PC ke PC. Dengan memakai PC yang ada soundcardnya dan terhubung dengan jaringan maka sudah bisa dilakukan kegiatan VoIP . Perkembangan berikutnya adalah pengabungan jaringan PABX dengan jaringan VoIP. Disini dibutuhkan VoIP gateway. Gambarannya adalah lawan bicara menggunakan komputer untuk menghubungi sebuah office yang mempunyai VoIP gateway. Pengembangan lebih jauh dari konfigurasi ini berbentuk penggabungan PABX antara dua lokasi dengan menggunakan jaringan VoIP. Tidak terlalu dipedulin bentuk jaringan selama memakai protocol TCP/IP maka kedua lokasi bisa saling berhubungan. Yang paling komplek adalah bentuk jaringan yang menggunakan semua kemungkinan yang ada dengan berbagai macam bentuk jaringan yang tersedia. Dibutuhkan sedikit tambahan keahlian untuk bentuk jaringan yang komplek seperti itu.
Aplikasi VoIP dan Keamanannya
Skype menggunakan protokol HTTP untuk berkomunikasi dengan Skype server untuk otentikasi username/password dan registrasi dengan Skype directory server. Versi modifikasi dari protokol HTTP digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama Skype client. Keuntungan yang dimiliki aplikasi ini adalah tersedianya layanan keamanan dalam pentransmisian data yang berupa suara. Layanan keamanan yang diberikan adalah sebagai berikut :
Privacy
Skype menggunakan AES (Advanced Encryption Standard) 256-bit untuk proses enkripsi dengan total probabilitas percobaan kunci (brute-force attack) sebanyak 1,1 x E-77 kali, sedangkan untuk proses pertukaran kunci (key exchange) simetriknya menggunakan RSA 1024-bit. Public key pengguna akan disertifikasi oleh Skype server pada saat login dengan menggunakan sertifikat RSA 1536 atau 2048-bit. Skype secara otomatis akan mengenkripsi semua data sebelum ditransmisikan melalui internet.
Authentication
Setiap pengguna Skype memiliki sebuah username dan sebuah password. Dan setiap username memiliki sebuah alamat e-mail yang teregistrasi. Untuk masuk ke sistem Skype , pengguna harus menyertakan pasangan username dan passwordnya. Jika pengguna lupa password tersebut maka Skype akan mengubahnya dan mengirimkan password yang baru ke alamat e-mail pengguna yang sudah teregistrasi. Pendekatan ini dikenal dengan E-mail Based Identification and Authentication. Dikarenakan Skype merupakan sistem komunikasi suara maka setiap penggunanya dapat secara langsung mengidentifikasi lawan bicaranya melalui suaranya.Keuntungan VoIP
  • Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
  • Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
  • Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
  • Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
  • Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
  • Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset
Kelemahan dari VoIP
  • Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih – bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.
  • Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas).
  • Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
  • Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
  • Jika memakai internet dan komputer di belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan
  • Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.
  • Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
  • Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
  • Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran
Kualitas suara
Kualitas suara VoIP dipengaruhi oleh beberapa parameter yaitu kapasitas bandwidth, tingkat hilang paket dan waktu tunda yang terjadi di dalam jaringan. Kapasitas bandwidth adalah ketersediaan sumber daya jaringan dalam bentuk lebar pita yang digunakan untuk mentransmisikan data paket. Tingkat hilang paket adalah parameter yang menyatakan besarnya laju kesalahan yang terjadi sepanjang jalur pengiriman data paket dari pengirim ke penerima. Waktu tunda adalah parameter yang menyatakan rentang waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket dari pengirim ke penerima.
Dengan segala potensi yang ada terutama sekali biaya yang relatif murah untuk percakapan jarak jauh, VoIP sangat berpotensi dikembangkan. Paradigma bahwa PSTN adalah inti dari jaringan suara harus diubah bahwa telepon analog biasa adalah bagian dari IP Telephony, yang mengakibatkan perkembangan IPTelePhony akan jauh berkembang dengan pesat dibandingkan telepon analog biasa.
Memanfaatkan idle bandwidth. Jika perusahaan sudah mempunyai jaringan antar cabang VoIP dapat digunakan tanpa menambah biaya jaringan. Tergantung dari system yang mau dipakai, jika hanya antar PC maka tidak ada investasi tambahan untuk membuat jaringan VoIP. Investasi tambahan yang akan muncul jika jaringan VoIP ini digabung dengan PABX.
Perkembangan VoIP akan makin berkembang menjadi IP Telephony, suatu bentuk komunikasi multimedia. Sebagai Alternatif penggunaan telepon, dengan makin maraknya penggunaan VoIP Merdeka Dari 200 ke 1.300 pengguna dalam 1 bulan pertama. Saat ini 3.000 s.d. 4.000 panggilan dalam sehari. Lebih murah, misalkan biaya internet - TelkomNet Instan +/- Rp 10.000/jam, 2 pihak Rp 20.000/jam. Biaya SLJJ Zone 3 (>500km) termurah Rp 505/menit Rp 30.300/jam.

REFERENSI:
http://id.wikipedia.org/wiki/Voice_over_IP
http://hasim319.wordpress.com/2011/10/26/analisis-teknologi-voip/
http://www.starcoms.net/products/10-voip
http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=906:ip-call-murah-sampai-ke-ln&catid=20&Itemid=32


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © xeroct xentral - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -