Popular Post

Posted by : sigit xp Senin, 07 Oktober 2013



Komputer merupakan suatu perangkat elektronik yang sudah umum di kalangan masyarakat,baik yang masih anak-anak maupun orang dewasa,penggunaan komputer tentunya sesuai dengan tingkat pemahaman dan penggunaan .  Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, atau biasa yang disebut dengan “bus”.
I.              PENGERTIAN
A. Organisasi Komputer
Organisasi Komputer adalah bagian yang berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem computer.. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
B. Arsitektur Komputer
Arsitektur Komputer lebih cenderung pada pelengkap atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, seting instruksi,serta aritmetika yang digunakan dalam teknik pengalamatandan juga mekanisme I/O(input/output).

II.           PERBEDAAN
Arsitektur Komputer
Merupakan konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer merupakan rancangan cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan suatu perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, proses perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, serta mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll. Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.

Organisasi Komputer
Adalah bagian yang sangat terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem computer,  dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras maupun perangkat lunaknya sehingga dapat terciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya

Bagian-bagian  Utama Pada Sistem Komputer

  • CPU (Control Prosessing Unit) merupakan hal terpenting dalam sebuah computer karna CPU merupakan otak dari komputer. Fungsi dari CPU adalah (1) membaca, mengkodekan dan mengeksekusikan  instruksi program.(2) mengirim data dari dan ke memori, serta dari dan ke bagian I/O. (3) merespon insterupsi dari luar. Menyediakan clock dan sinyal kontrol ke sistem.
  • Memori merupakan bagian fungsional komputer yang berfungsi untuk menyimpan program dan datayang di proses.
  • RAM (Random Access Memory) adalah memori  yang dapat dibaca atau di tulis. Data dalam sebuah RAM bersifat volatile, artinya data tersebut akan di hapus apabila daya listrik yang diberikan di putus.
  • ROM (Read Only Memory) adalah memori yang dapat dibaca. Data yang tersimpan dalam ROM bersifat non-volatile artinya data tidak akan terhapus bila komputer tersebut dimatikan karena ROM dipergunakan untuk menyimpan data.
  • Perantara Input Output atau I/O berfungsi untuk menghubungkan piranti luar dengan  sistem komputer dan membutuhkan perantara I/O. Perangkat I/O sebagai  jembatan penghubung  antara mikrokomputer dengan piranti luar
Jadi pada dasarnya  organisasi komputer ini lebih cendrung mempelajari tentang  perangkat keras yang telah dijelaskan diatas.

Sumber :

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Saya juga punya referensi tentang sistem dan arsitektur komputer, bisa dicek dialamat ini http://mycomputerarchitecture.blogspot.com/
    penjelasan yang cukup bagus dan mudah dimengerti

    BalasHapus

- Copyright © xeroct xentral - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -